Alexa

ponpes vs universitas/kuliah

Assalamu'alaikum bro ketemu lagi dengan saya ... Dikesempatn ini aku mau ulas tentas kehidupan pondok pesantren yang pernah saya geluti selama 5tahun. Pertama dipondok itu emang enak karena belum punya tanggungan seperti hafalan,enaknya itu tiap bulan kita digaji tapi tidak kerja hihihihi Sapa yang menggaji kita?pasti kalu anda pernah diponpes tau.jawabannya tetap sama yaitu ORANG TUA Setelah berjalan 2 bulan akhirnya aku didaftarin sama ketua ponpes/saudaraku disalah satu madrasah di sana.sekolahnya bagus tingkat pula.maklum saya orang desa. Setelah daftar saya dutest dan alhamdulillah lulus jadi saya gak ikut kelas awal melainkan langsung masuk ketingkat tsani(2) Mulai itulah saya sudah punya aktivitas diponpes.mulai dari hafalan n takror hingga larut malam..tapi pondok itu menurut saya pribadi itu enak dan transparan untuk berkarya.sebelum universitas masuk di indonesia ponpes sudah ada bro.jadi jangan anggap ponpes itu derajatnya lebih rendah dari universitas. Ibarat kata ponpes itu menanam pohon mulai dari biji sampai berkembang dan bermanfaat Sedangkan universitas/kuliah itu menanam pohon dengan memilih milih pohonnya .gak semua pohon diterima.padahal juga gk menjamin tanamannya rindang.berbeda sekali dengan ponpes .ponpes mau menanam semua pohon hingga mengeluarkan madunya...

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter